10 Desember 2008

Cerita Sukses Bill Gates

Dimuat Seputar Indonesia

Saturday, 06 December 2008

Resensi Buku

Judul Buku : The Bill Gates Way
Penulis : Des Dearlove
Penerbit : Daras Books, Jakarta
Cetakan : I, Oktober 2008
Tebal Buku : 232 Halaman



SIAPAyang tak kenal Bill Gates? Orang terkaya di dunia ini memiliki perusahaan teknologi komputer di Redmond, Washington,Amerika Serikat (AS).

KEKAYAANNYA diperkirakan mencapai sekitar 60 miliar dolar AS dan bahkan Gates menangguk kesuksesan spektakuler selama lebih dari 25 tahun sampai sekarang. Gates merupakan salah satu pendiri dan bagian teknis industri komputer pribadi CEO yang masih bertahan dan berkembang di sisi bisnis teknologi.

Microsof adalah salah satu perusahaan yang didirikannya tahun 1974 bersama Paul Allen yang telah membawa kemajuan dalam karier dan usaha bisnisnya sebagai seorang miliarder. Buku The Bill Gates Way yang ditulis Des Daerlove ini ingin mengungkap trik, rahasia, dan kesuksesan bisnis Bill Gates yang sangat terorganisasi sehingga mampu memacu perusahaannya mencapai keberhasilan.

Tak salah jika Bill Gates menjadi orang yang paling kaya di planet bumi ini. Pertanyaannya adalah kenapa Bill Gates bisa menjadi orang yang sukses dalam bisnisnya? Ada beberapa langkah yang dilakukan Bill Gates dalam mencapai kesuksesan bisnisnya di dunia teknologi komputer.

Pertama,mengetahui tempat yang tepat pada waktu yang tepat dalam menjalankan perusahaan Microsoftnya. Di era pekerja pengetahuan, pengetahuan teknis dan kreativitas adalah asetaset baru korporat. Gates mengombinasikan hal-hal itu dengan naluri bisnis dan sifat kompetitif yang teramat tinggi. Selain itu, untuk memperoleh kesuksesan Miscrosoft, ia bekerja tanpa mengenal lelah selama enam bulan untuk memperoleh keuntungan.

Kedua, faktor jatuh cinta pada teknologi merupakan hal yang paling penting dalam dunia kerja di bidang industri komputer. Salah satu aspek penting kisah sukses bisnis Microsoft adalah pemahaman teknologi yang dimiliki Gates. Dia menguasai keputusan kunci dalam bidang teknologi komputer.Dalam banyak hal dia mampu memandang arah masa depan teknologi (hlm 34).

Ketiga, faktor tak kenal ampun. Maksudnya, seorang pebisnis dan pengusaha haruslah menjadi seorang kompetitor yang kuat dalam segala hal dan harus memiliki visi untuk selalu menang dalam setiap negosiasi. Bahkan, kata Bill Gates, pebisnis harus bisa menghancurkan lawanlawan bisnisnya kalau ingin menjadi yang terdepan.

Keempat,BillGatesmencari dan mempekerjakan orangorang yang cerdas dalam industri komputer atau yang memiliki IQ tinggi. Ini merupakan langkah yang paling strategis yang dengan sengaja dilakukannya untuk menjamin perusahaan.Gates tidak suka mempekerjakan orangorang yang gagap teknologi.

Kelima, Bill Gates berusaha untuk belajar bertahan hidup, yakni dengan cara selalu memperbaiki kondisi internal para karyawan,dengan tidak selalu merasa puas akan hasil kerja terbaik yang sudah dicapai.Dengan itu,para karyawan bisa bekerja lebih maju.Di sisi lain,perlu pengaturan organisasi perusahaan secara baik, penciptaan uji produk-produk untuk konsumen, penciptaan lingkar umpan balik yang terus-menerus antara para karyawan dan sesama koleganya.Ini akan melahirkan hubungan kerja sama yang baik.

Keenam, jangan mengharapkan terima kasih ketika kita mendapat ketenaran dan popularitas. Hal itu akan menghambat kesuksesan sebuah perusahaan. Selain itu, gunakan perhatian media untuk memasarkan produkproduk perusahaan, jangan mau berhadapan dengan orang bodoh, berkumpullah dengan orang-orang kaya dan populer.

Ketujuh,mengambil posisi visioner adalah langkah paling efektif untuk memengaruhi rekan bisnis, yaitu dengan menjadipemimpinbisnisjenis baru. Bill Gates adalah sosok idealdalamindustrikomputer. Pemahaman mendalam tentang teknologi dan cara unik membuat sintesis data memberinya kemampuan khusus memahami tren dan mengarahkan strategi Microsoft. Langkah itu mengundang decak kagum para pemuja Microsoft dan mengintimidasi para kompetitor (hlm 222).

Kedelapan, dengan menggarap seluruh elemen dalam mengatur sejumlah proyek besar secara bersamaan dan cepat. Gates mengingatkan agar jangan berhenti berpikir. Seluruh kesempatan yang ada harus digunakan untuk belajar dan bahkan jangan pernah diam karena kalau berdiam diri, nilai sesuatu yang dimiliki akan turun menjadi nol.

Kesembilan, membangun unit kecil Microsoft, yaitu membuat unit bangun kecil dengan mengembangkan peranti lunak komputer pada kelompok-kelompok kecil. Kesepuluh, jangan pernah kehilangan fokus. Kendati masih muda dan sudah menjadi seorang yang kaya, Bill Gates tidak pernah kehilangan fokus dan berbisnis. Hasilnya, Microsoft belum pernah kolaps dalam bisnis teknologi komputer.

Kini Gates terus merancang kesuksesan dan mempertahankan kisah sukses yang pernah diraihnya. Kehadiran buku ini pun sangat penting artinya bagi para pengusaha, khususnya yang bergerak di bidang industri komputer di Indonesia.

Syahrul Kirom,
Peneliti Pada Social and Philosophical Studies Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar